Sabtu, 10 Oktober 2020

WEBINAR NUSANTARA SEMUT MERAH

 


Webinar kolaborasi Nusantara "Semut merah" adalah kolaborasi yang diselenggarakan oleh para Sahabat Rumah Belajar 2020 dari Propinsi Papua Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, dan Bangka Belitung. Arti Semut Merah itu sendiri merupakan kependekan dari SEhari bersaMa UnTuk MERangkai kisAH, ya karena kolaborasi kami memang hanya sehari dilaksanakan dan disampaikan oleh narasumber dari Indonesia bagian timur hingga barat mencakup Nusantara. Kegiatan berbagi kisah dan pengalaman ini dilaksanakan tepatnya pada tanggal 07 oktober 2020 pada pukul 16.00 WIB atau 17.00 WITA atau 18.00 WIT menggunakan zoom meeting dan live streaming Youtube dengan akun channel Dian Wicaksono. Dihadiri oleh 72 peserta dalam meeting romm dan hingga 10 Oktober 2020 telah dilihat sebanyak 207 kali di channel youtube Dian Wicaksono  Kolaborasi Semut Merah .

Webinar ini dibuka oleh para Duta Rumah Belajar 2018 dari Provinsi Papua Barat, Dolfanweik Hukom, Duta Rumah Belajar Banten 2019 Ai Wenny Purnama Putri, dan Duta Rumah Belajar Bangka Belitung 2019 Tedi Sudiana. Duta Rumah Belajar membuka acara kegiatan dan memberikan motivasi kepada pendidik yang hadir dan kepada para Sahabat Rumah Belajar juga. 

Materi yang diberikan terkait pembelajaran jarak jauh di Papua Barat yang disampaikan oleh DAT Novitasari SRB Papua Barat. Menurut beliau PJJ di tanah Papua tetap dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi siswanya, peserta  didik dibagi dalam dua jenis kelompok yaitu kelompok online dan kelompok offline. Bagi kelompok online diberikan kegiatan pembeljaaran dengan memafaatkan rumah belajar, dan untuk kelompok peserta didik offline materi yang digunakan menggunakan buku pelajaran sekolah masing-masing. 
SRB Dian Wicaksono dan Siti Khadijah memaparkan materi tentang pemanfaatan kuota internet yang diberikan secara gratis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bagaimana cara mendapatkan kuota internet tersebut dan fitur aplikasi apa saja yang dapat diakses dengan kuota internet tersebut. Pemateri berikutnya yaitu SRB Yusuf Sodhiqin yang memaparkan materi Best Practicenya mengenai penulisan strategi pembelajaran selama masa pandemi yang telah memenangkan juara IV dalam lomba di LPMP DIY tahun 2020.



Diakhir acara beberapa pertanyaan dibacakan oleh moderator dan dijawab oleh para narasumber. dari beberapa pertanyaan dipilih 3 pertanyaan yang akan mendapat doorprize dari panitia. Pertanyaan dikirim melalui menti.com.