Rabu, 07 Oktober 2020

SOSIALISASI RUMAH BELAJAR SDN GUGUS III UMBULSARI JEMBER

 


Selasa 06 Oktober 2020 telak terlaksana sosialisasi Rumah Belajar di SDN Gugus III Kec. Umbulsari dan bertempat di SDN Gunungsari 01 Kecamatan Umbulsari-Jember. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 - 12.00 WIB. Sosialisasi ini  dimoderatori oleh Bapak Sugiyanto, M.Pd selaku kepala SDN Gunungsari 01 dan acara dibuka oleh pengawas SDN Gugus III Umbulsari, Bapak Arfai, M.Pd. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 20 guru dari perwakilan Sekolah Dasar Negeri yang ada di gugus III Kecamatan Umbulsari Jember. 


Dalam kegiatan berbagi ini dikenalkan fitur-fitur Rumah Belajar yang dapat dimanfaatkan oleh para guru Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19. Fitur utama sumber belajar dan bank soal merupakan fitur utama yang nantinya akan banyak dimanfaatkan oleh para pendidik Sekolah Dasar tersebut. Para guru juga belajar bagaimana mengakses portal Rumah Belajar. Selain mengenalkan fitur-fitur pembelajaran dalam portal Rumah Belajar, para guru sekolah dasar ini juga dibekali dengan teknik pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Kinemaster yang dapat dioperasikan menggunakan smartphone Android. Selain itu para guru juga belajar membuat animasi papan interaktif dengan Sparkol Video scribe yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan PJJ.

Untuk dapat mereview hasil dari pengenalan fitur-fitur Rumah Belajar ini, para guru diberikan tugas untuk membuat karya video pembelajarannya sendiri baik dengan menggunakan Kinemaster, Sparkol videoscribe maupun aplikasi lainnya. Kegiatan sosialisasi tahap ke-2 akan dilaksanakan kembali pada hari Kamis 15 Oktober 2020 minggu kemudian. Sebagai penutup acara, Bapak pengawas gugus III SDN Umbulsari berharap kegiatan sosialisasi berbagi ini dapat dilaksanakan juga di gugus-gugus lainnya juga, karena beberapa gugus Sekolah Dasar juga menyimpan perhatian terhadap kegiatan berbagi dengan Rumah Belajar ini.