Sabtu, 10 Oktober 2020

PODCAST BERBAGI INSPIRASI SEBAGAI MOTIVASI MERAIH PRESTASI

 


Sri Sulistyani, seorang guru di SMAN Balung, Jember, Jawa Timur, menjadi salah satu pembicara dalam peringatan Hari Guru Internasional yang diselenggarakan secara virtual oleh UNESCO di Paris, hari Senin, 5 Oktober 2020 lalu. Beliau merupakan sosok perempuan inspiratif yang selalu menebarkan kebahagiannya bagi semua orang. Menurut beliau sebelum membahagiakan orang lain. terlebih dahulu bahagiakan diri sendiri dulu dengan banyak bersyukur atas hidup yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. Sri Sulistyani  tidak sekadar mengajar siswanya dengan pelajaran matematika, tetapi juga budi pekerti. Beliau mengajarkan untuk berbuat baik kepada diri sendiri dengan bahagia, makan dan istirahat yang cukup, serta selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan dalam hidup kita.

Pada acara podcast berbagi kali ini Sahabat Rumah Belajar menghadirkan beliau, Dra. Sri Sulistyani dalam kolaborasi Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020 yang di selenggarakan pada 09 Oktober 2020 pukul 15.30 WIB. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam berbagi kebaikan kepada orang lain jangan pernah melihat dan mendengar apa yang dikatakan orang lain kepada kita. Teruslah berbagi apapun yang akan dikatakan orang lain. Sosok yang bijaksana dan penuh inspirasi ini sangat memotivasi kami sebagai para generasi milineal, di usia beliau saat ini dengan semangat berbagi kebaikannya yang sangat patut untuk dicontoh dan diteruskan oleh generasi kita para generasi milineal.

Acara berbagi ini dislaksanakan melalui streamyard dan live di youtube dengan channel Sahabat Pelajar dan hingga 10 Oktober 2020 ini telah dilihat sebanyak 171 kali. Dalam kesempatan podcast berbagi ini para Sahabat Rumah Belajar Jatim juga turut berbagi mengenai penerapan fitur-fitur Rumah Belajar dalam pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di sekolah. Pemanfaatan Rumah Belajar dalam pembelajaran problem based learning merupakan best practice yang dipaparkan oleh SRB Kiki Niken di SDN 01 Arjasa Situbundo. SRB Evin Andriani memaparkan Best Practice Pemanfaatan m-edukasi dalam pembelajaran Fisika dengan model Flipped Classroom. Selama podcast berbagi ini berlangsung telah diikuti hingga akhir oleh peserta sebanyak 8 hingga 20 penonton live di youtube, karena beberapa penonton terkendala jaringan internet jadi tidak dapat melihat tayangan sampai akhir. Beruntung karena kegiatan berbagi ini streaming live di youtube, sehingga dapat diputar ulang di akun channel Sahabat Pelajar.
Moch. Zulfikri SRB JAwa Timur (Host)
SRB Jatim 2020 Krisdiana Enrika P (Moderator 1)
SRB Jatim Maulidiya Rahma P (Moderator 2)
SRB Jatim Kiki Niken (Pemateri Best Practice)
SRB Jatim Evin Andriani (Pemateri Best Practice)