Selasa, 20 Oktober 2020

SHARE KNOWLEDGE AND PRACTICE (KOLABORASI SAHABAT RUMAH BELAJAR JENJANG SMK)


Selama ini banyak pertanyaan bagaimana guru SMK dalam Memanfaatkan Rumah Belajar. Kini hadir sahabat Rumah belajar Jenjang SMK dari seluruh Nusantara yang akan berbagi dalam Acara Sahabat Rumah  Belajar SMK "Share Knowledge and Practice". Kegiatan sharing ini dilaksanakan dalam beberapa sesi, pada hari Jumat dan Satu tanggal 16 - 17 Oktober 2020 tahap sesi 1 dan 2 terlaksana pukul 15.00-17.00 WIB. Dengan menghadirkan narasumber tokoh pendidikan dari PUSDATIN Kemendikbud Ibu Garti Sri Utami, M.Ed dan  Ibu Luh Eka Yanthi (DRB Bali tahun 2019) di sesi 1 dan Bapak Gogot Suharwato, Ph.D sebagai narasumber di sesi 2 pada Sabtu 17 Oktober 2020, serta dimoderatori oleh Cak Rachmad Duta Rumah Belajar Propinsi Jawa Timur tahun 2018.

Pada sesi 1 hari Jumat 16 Oktober 2020, acara Share Knowledge and Practice dibuka secara resmi oleh Ibu Garti Sri Utami, M.Ed dan menghadirkan juga narasumber Sahabat Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur antara lain:

  1. Wiwin Triawandari - SRB Jatim (Pemanfaatan MPI di Sumber Belajar dengan model pembelajaran Blended Learning)
  2. Kustianah - SRB Jatim (Pemanfaatan Fitur Edugame dalam model pembelajaran Flipped classroom) 
  3. Renitha Erdiana - SRB Jatim (Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dengan model pembelajaran Project Based Learning)
  4. Puspita Andriyanti - SRB Jatim (Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik dalam pembelajaran berbasis media interaktif)
Ibu Garti Sri Utami-Pusdatin Kemendikbud


Pada sesi 2 hari acara Share Knowledge and Practice dibuka oleh Bapak Gogot Suharwato, Ph.D dengan dimoderatori oleh Cak Rachmad DRB Jawa Timur 2018. Kolaborasi di sesi ke -2 ini diselenggarakan oleh SRB dari Provinsi Jawa Timur dan DIY, antara lain:
  1. Asep Gunawan - SRB Jatim (Pemanfaatan Kelas Maya dengan model pembelajaran Discovery Learning)
  2. Evin Andriani - SRB Jatim (Pemanfaatan M-Edukasi pada pembelajaran Fisika dengan model Fliped Class Room
  3. Moch. Zulfikri - SRB Jatim (Model Pembelajaran Sole dengan memanfaatkan fitur Lab Maya)
  4. Achmad Arifudin - SRB DIY (Memanfaatkan Peta Budaya dalam Materi Toleransi Pendidikan Agama)


Menurut Bapak Gogot Suharwato, Ph.D bahwa SMK sangat erat dengan dunia kerja sehingga pembelajaran di SMK lebih ditekankan pembelajaran praktik. Dengan proses pembelajaran merdeka belajar diharapkan siswa mampu menjadi generasi yang tangguh, mandiri, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil survey diketahui bahwa siswa SMK masih belum bisa memakasimalkan penggunaan sumber-sumber belajar digital dibanding dengan siswa SMA. Guru SMK diharapkan mampu mendidik dan membawa peserta didik untuk belajar sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga sebagai guru SMK kita dituntut untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan memanfaatkan Teknologi di Era Digitalisasi saat ini. Guru di Era Digitalisasi dituntut untuk berinovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar digital.

Pada sesi ke-2 ini Sahabat Rumah Belajar Jatim dan DIy juga berbagi inovasi pembelejaran tentunya dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar dalam pembelajaran terutama selama masa pandemi selam ini, dibuka juga untuk sesi sharing informasi baik dengan SRB maupun DRB. Pada kesempatan ini SRB Jawa Timur 2020 Wiwin Triandika dan Guntur Saleksa menyampaikan pertanyaan sharing pengalaman selama di PembaTIK ini.

SRB Jatim 2020 Wiwin Triandika