Minggu, 18 Oktober 2020

EKSAKTA SUARA EDUKASI


Eksakta merupakan salah satu program dari Suara Edukasi yang dikembangkan oleh PUSTEKKOM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Suara edukasi merupakan program pembelajaran terbuka dan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yakni dengan Siaran Radio Pendidikan. Siaran Radio Pendidikan dengan nama Suara Edukasi ini memiliki banyak program siaran yang dijadwalkan setiap harinya. Salah satunya adalah program siaran pendidikan EKSAKTA, sebuah program siaran edukasi yang memberikan informasi terkait dunia pendidikan.

Pada program Eksakta ini yang diselenggarakan pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 telah bergabung narasumber dunia pendidikan Dra. Sri Sulistyani guru SMA Negeri Balung-Jember yang menjadi pembicara di Hari Guru International di Paris. Beliau merupakan sosok guru inspiratif yang mengajarkan para siswanya untuk menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mencetak generasi Pancasila saat ini memang bukan hal mudah bagi para pendidik, namun beliau menjadi sosok inspirator bagi dunia pendidikan bahwa mengajarkan Pancasila kepada generasi milineal dapat dilakukan dengan cara sederhana. Mengajak siswa berkomunikasi sederhana untuk melakukan kebaikan-kebaikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti berbuat pada diri sendiri, keluarga, maupun orang lain merupakan perbuatan yang mencerminkan penerapan Pancasila. Selain menjadi guru inspiratif beliau juga aktif di bidang sosial yang banyak membantu permasalah-permasalahan orang lain.


Dalam podcast berbagi ini juga hadir Sahabat Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur 2020, Faria Masrikanah, S.Pd (TK Muslimat NU 82 Nurul Fityan), Didin Handoko, S.Pd (MI Darussalam Jombang), Evin Andriani, S.Pd (SMKN 8 Jember). Para Sahabat Rumah Belajar ini juga berbagi inovasi pendidikan dengan tentunya memanfaatkan media-media pembelajaran interaktif dan sumber belajar lainnya di Rumah Belajar. Dengan media-media pembelajaran pada Rumah Belajar diharapkan dapat menumbuhkan sikap-sikap Pancasila pada siswa terutama saat masa pandemi ini, seperti sikap aktif, mandiri dan bertanggung jawab selama belajar di rumah. Mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran interaktif juga di harapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa selama di rumah, seperti yang dilakukan oleh Sahabat Rumah Belajar Didin Handoko, S.Pd, yang mengembangkan media pembelajaran interaktif (MPI) JulFiKar yang artinya Jujur, Aktif dan berkarakter sesuai dengan harapan dunia pendidikan yaitu menciptakan generasi Pancasila yang memiliki karakter dan integritas yang kuat.


Setiap siswa memiliki sifat dan karakter yang berbeda, siswa di jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK karakternya dapat berubah seiring perkembangan zaman dan teknologi. Untuk tetap dapat mempertahankan sikap Pancasila pada siswa sejak dini dibutuhkan kerjasama yang kuat antara pendidik di sekolah, keluarga di rumah dan masyarakat di lingkungan sekitar untuk tetap mendukung dan menjaga sikap Pancasila yang telah tumbuh dalam diri siswa.