Kamis, 15 Oktober 2020

MENGENALKAN RUMBEL PADA SISWA SMK

 


Di masa pandemi Covid-19 ini seluruh siswa di SMK Negeri 8 Jember melaksanakan kegiatan belajarnya dari rumah, namun kali ini pada hari Kamis 15 Oktober 2020 pukul 13.00 - 15.00 WIB tidak seperti biasanya siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) yang terdiri dari 3 kelas dihadirkan datang ke sekolah untuk menerima arahan dari sekolah terkait tugas pembuatan video praktik jurusan. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, 83 siswa kelas XII TBSM hadir dengan memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki lingkungan sekolah dan ruang kelas, siswa dengan tertib memasuki ruangan dan mengikuti arahan sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan

Di sela-sela kegiatan tersebut Sahabat Rumah Belajar (SRB) Jawa Timur juga mensosialisasikan pengenalan dan pemanfaatan Rumah Belajar kepada siswa SMK kelas XII kompetensi keahlian TBSM. SRB mengenalkan sumber belajar dan bank soal sebagai fitur utama yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar mandiri di rumah dan menginformasikan cara akses portal Rumah Belajar maupun mengintal aplikasinya di smart phone masing-masing. Siswa belajar mencari video pembelajaran di sumber belajar sesuai jenjang pendidikannya. Selain itu siswa juga diinformasikan terkait pemanfaatan bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud, bahwa portal Rumah Belajar merupakan salah satu aplikasi yang dapat diakses dengan bantuan kuota tersebut. Kebanyakan siswa kami belum memahami penggunaan kuota internet gratis dalam pembelajaran, dengan mengenal Rumah Belajar mereka dapat memaksimalkan penggunaan bantuan kuota internet tersebut.





Dengan mengenalkan Rumah Belajar besar harapan kami sebagai pendidik kegiatan belajar siswa kami di rumah tetap dapat menyenangkan dan meningkatkan kemandirian dalam belajar selama masa pandemi ini, karena di dalam portal Rumah Belajar tidak hanya mata pelajaran normatif adaptif saja, tetapi juga terdapat mata pelajaran produktif yang sangat dibutuhkan siswa SMK khususnya saat ini. Video pembelajaran untuk mata pelajaran produktif sangat menarik perhatian siswa, siswa senang melihat pembelajaran yang dikemas secara menarik dan mudah dipahami.