Selasa, 20 Oktober 2020

KOLABORASI PANCAGATI - PEMANFAATAN RUMBEL DALAM PJJ

 


Seperti apa sih Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh begini?

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan di sebagian besar jenjang pendidikan di Indonesia selama masa pandemi Covid-19 menuntut para pendidik untuk melakukan inovasi-inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informati dan komunikasi (TIK). Pendidik dipaksa untuk mampu menggunakan TIK dalam pembelajaran dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar digital yang tersedia secara online.

Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan portal pembelajaran yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja (guru, siswa dan masyarakat umum) untuk semua jenjang pendidikan. Memanfaatkan portal Rumah Belajar sebagai media pembelajaran jarak jauh merupakan pilihan yang tepat. 

Kolaborasi Pancagati yang dilaksanakan pada hari Senin, 19 Oktober 2020 merupakan kegiatan berbagi inovasi pembelajaran kepada guru dan masyarakat secara luas, mengenai inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam portal Rumah Belajar. Pada Kolaborasi kali ini menghadirkan narasumber Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur 2020 dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Menengah yang dapat menjadi inspirasi bagi para guru untuk memanfaatkan Rumah Belajar dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh. Para narasumber yang tergabung dalam kolaborasi Pancagati ini antara lain:

1. Noor Hayati - Pengenalan dan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar
2. Anita April Yani - Kimia Asyik dengan edugame
3. Faria Masrikanah - Model PBL pada PAUD dengan Sumber Belajar dan TV-edukasi
Dengan dimoderatori oleh SRB Jatim Galih Harsul dan host acara Evin Andriani


Dengan memperhatikan kondisi masa pandemi saat ini, kolaborasi ini dilaksanakan secara tatap maya melalui live streaming youtube pada akun channel Evin Andriani, Webinar Pancagati Jatim. Bagi peserta yang ingin bertanya bisa melalui menti.com yang telah dibagikan kodenya di kolom chat live.
Peserta yang mengikuti hingga akhir acara berhak mendapatkan aset template PPT menarik dan master dari apk Kinemaster-Pro secara gratis, dengan mengisi persensi kehadiran di akhir acara. Hingga akhir acara terdapat 50 peserta yang hadir mengikuti, untuk jumlah peserta yang hadir bisa di klik di sini.