Selasa, 20 Oktober 2020

VLOG-PEMANFAATAN M-EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X SMK DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM

 

https://youtu.be/hVv1p51An04

Praktik baik atau yang lebih dikenal dengan sebutan Best-Practice merupakan penerapan inovasi pembelajaran yang dapat mengubah hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Praktik baik biasanya lebih ditekankan pada inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik dalam kegiatan belajar mengajar. Jadi yang dimaksud dengan inovasi pembelajaran yaitu proses belajar pada siswa yang dirancang, dikembangkan dan dikelola secara kreatif, dinamis, dengan menerapkan pendekatan multi kearah yang lebih baik, untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif bagi siswa.

Pada kegiatan belajar jarak jauh saat ini sebagai pendidik saya melakukan inovasi pembelajaran pada mata pelajaran Fisika di SMK Negeri 8 Jember pada siswa kelas X kompetensi keahlian Pemulian dan Perbenihan Tanaman (PPT). Pada Kompetensi dasar 3.1 Menerapkan Prinsip Pengukuran saya menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom dengan memanfaatkan salah satu fitur sumber belajar dalam portal Rumah Belajar yaitu m-Edukasi. m-Edukasi atau yang disebut mobile-edukasi merupakan poertal pembelajaran yang dikembangkan oleh BPMPK (Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan) yang berisi ribuan konten multimedia pembelajaran yang dapat diakses dan diinstal secara gratis. Konten pembelajaran yang tersedia di dalam m-edukasi ini dapat diinstal di smartphone peserta didik, digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik, aktif dan mandiri. 

Flipped Classroom merupakan model pembelajaran dengan konsep pembelajaran terbalik, dimana proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas dilaksanakan di rumah. Sementara tugas yang biasanya dikerjakan di rumah dilaksanakan di dalam kelas. Pendidik mengirimkan sumber belajar berupa video pembelajaran, modul, LKS satu minggu sebelum dilaksanakan tatap muka/maya di kelas. Peserta didik mempelajarai materi yang diberikan oleh guru, dan mencatat hal-hal yang belum dipahami untuk ditanyakan dan didiskusikan di dalam kelas. Pada saat pembelajaran di kelas, siswa mengerjakan tugas, latihan dan praktikum dengan pendampingan dari guru.


Sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu yang dipersiapkan antara lain:
  1. Analisis media dan konten pembelajaran di dalam Rumah Belajar, di dalam fitur sumber belajar m-edukasi saya memanfaatkan "V-Lab Pengukuran Massa dengan Neraca Ohauss" yang merupakan aplikasi untuk android berupa simulasi praktikum pengukuran massa neraca Ohauss. Mengapa memilih simulasi praktikum peengukuran massa? Karena memperhatikan peserta didik merupakan siswa pertanian dengan kompetensi keahlia Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman, yang nantinya akan banyak melakukan aktivitas pengukuran massa pada benih tanaman yang dikembangkan di program studi pendidikannya. Dan kebetulan di sekolah untuk jumlah neraca terbatas dan di masa pandemi ini peserta didik belajar dari rumah masing-masing.
  2. Menyusun RPP kegiatan pelaksanaan pemanfaatan m-edukasi dengan model Flipped Classroom. RPP bisa dilihat di sini
  3. Menyiapkan materi dan video pembelajaran dalam bentuk sway, lembar kerja Siswa, aplikasi simulasi V-Lab Pengukuran Massa dengan Neraca Ohauss dan membagikannya di dalam G-classroom

Menginformasikan kepada siswa untuk mempelajari materi selama di rumah dan mencatat poin-poin yang belum dipahami. Meminta peserta didik untuk menginstal aplikasi V-Lab Pengukuran Massa di masing-masing smartphonenya


Untuk tahapan lebih lengkap silahkan menyimak Vlog Praktik Baik