Jumat, 06 November 2020

RUMAH BELAJAR DALAM PJJ DI MASA PANDEMI COVID-19


 


Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja tidak hanya diperuntukkan bagi guru saja namun siswa dan masyarakat luas. Portal Rumah Belajar menyediakan berbagai macam konten pembelajaran yang sangat menarik dari jenjang pendidikan mulai tingkat TK-SD-SMP-SMA/SMK. Dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar dalam pembelajaran jarak jauh yang berlangsung selama pandemi merupakan pilihan yang tepat bagi guru dan siswa maupun masyarakat luas.

Antusias dalam pemanfaatan Rumah Belajar terlihat dari semangat Bapak Ibu guru Sekolah Dasar dalam mengenal dan belajar memanfaatkan portal pembelajaran milik Kemendikbud ini. Pada hari Selasa 03 November 2020 di Sekolah Dasar Negeri Umbulsari 01, Gugus 02 Kecamatan Umbulsari Jember menyelenggarakan kegiatan workshop Pembelajaran Jarak Jauh selama masa pandemi dengan memanfaatkan Rumah Belajar. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bina Gugus 02 Suyono, S.Pd, Pengawas Bina Gugus 02 Sumarjianto, S.Pd, M.M, Pengawas Bina Gugus 03Drs. H. Arfai, M.Pd, Kepala Sekolah Dasar dari 8 Lembaga, dan masing-masing 2 guru perwakilan lembaga sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengenalkan fitur-fitur Rumah Belajar sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di masa pandemi, seperti pemanfaatan Sumber Belajar, Bank Soal, Lab-Maya dan Edugame serta fitur-fitur pendukung lainnya. Selain mengenal fitur-fitur Rumah Belajar, para guru juga mendaftar akun di Rumah Belajar dan belajar mengakses semua fitur-fitur di dalam Rumah Belajar untuk dimanfaatkan dalam PJJ di kemudian hari.