Kamis, 01 Oktober 2020

INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN PORTAL RUMAH BELAJAR

       

Webinar kolaborasi Sahabat Rumah Belajar Banten - Jawa Timur 2020 diselenggarakan pada 30 Oktober 2020 pukul 13.00-14.30 WIB. Dimoderatori oleh Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur Maulidya Rahma Prastiti, S.Pd dan host acara Sahabat Rumah Belajar Banten Lilis Lisnawati, S.Pd, dengan narasumbernya Sahabat Rumah Belajar Banten dan Jawa Timur, Yusuf Sodhiqin, S.Pd dan Evin Andriani, S.Pd. Acara ini diselenggarakan secara live di youtube, dalam akun channel yusuf shodiqin, dan telah diikuti sebanyak 55 viewer hingga akhir kegiatan, serta telah ditonton sebanyak 421 kali setelah 2 jam webinar berakhir. Materi yang disampaikan cukup menarik para viewer, banyak pertanyaan yang ditujukan bagi kedua pemateri karena begitu tingginya antusias viewer dalam mengikuti webinar ini.


Mengangkat permasalahan yang terjadi selama kegiatan pembelajaran di kelas, Yusuf Sodhiqin, S.Pd SRB Banten 2020, mengemukakan inovasi pembelajaran masa kini Best Practice PJJ yang dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami pendidik sehingga dapat memperbaiki mutu pendidikan dan pembelajaran. Menyalurkan hobi pada pembelajaran Statistika di masa pandemi Covid-19 menjadi solusi dalam permasalahan pembelajaran jarak jauh yang dialami oleh beliau. Model pembelajaran Project Based Learning menggunakan Sacobi merupakan hasil inovasi model pembelajaran  yang dilakukan oleh Yusuf Sodhiqin, S.Pd guru matematika di SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan, dan menjadikannya sebagai juara IV lomba Best Practice Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Darurat pandemi Covid-19.




Pemaparan sesi keduanya oleh Evin Andriani,S.Pd yang merupakan SRB 2020 dari Jawa Timur dengan Pembuatan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) berbasis Android dan terintegrasi dengan rumah belajar. Smart Apps Creator 3 (SAC3) yang telah diintegrasikan di portal Rumah Belajar khususnya Kelas Maya, merupakan aplikasi terkini yang sangat mendukung pembelajaran jarak jauh. Produk yang dihasilkan oleh SAC3 ini nantinya dapat digunakan di smartphone para siswa secara offline dan online, hal ini menjadi salah satu jawaban tantangan masalah pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini. Di dalam kelas maya telah dilengkapi aplikasi free trial, template dan tutorial pembuatan MPI. Program pembelajaran ini diperuntukkan bagi guru yang ingin membuat media pembelajarannya masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan karakteristik para siswanya. 


Acara webinar kolaborasi ini cukup mendapat banyak perhatian dari para pendidik di Indonesia, antusiasme para guru ditunjukkan dengan berbagai pertanyaan tentang materi inovasi pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran interaktif. Semoga dengan adanya webinar kolaborasi ini dapat membantu para pendidik di Indonesia dalam mengatasi permasalahan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi ini.

Daftar Hadir peserta

Salam Rumah Belajar,
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia💪💪💪