Kamis, 01 Oktober 2020

BERBAGI BERSAMA RUMAH BELAJAR DI SDN UMBULREJO 02


    SD Negeri Umbulrejo 02 adalah salah satu Sekolah Dasar di desa Umbulrejo, kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Jawa Timur. Dengan jumlah guru kurang lebih 10 orang, dan tidak ada akses internet di sekolah ini. Selama pandemi Covid-19 ini, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah melalui whatsapp group dengan mengirimkan modul pembelajaran untuk dipelajari para peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah guru yang dekat dengan Sekolah, dikarenakan tidak ada akses internet sehingga untuk mempermudah kegiatan sosialisasi, salah satu guru mengusulkan kegiatan ini dilaksanakan dirumah beliau yang memiliki akses jaringan internet (wifi). Dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19 kegiatan ini dilaksanakan dengan membatasi jumlah guru yang hadir dan diwajibkan memakai masker, mencuci tangan sebelum memulai kegiatan.

Pada kesempatan berbagi kali ini, para guru bersama-sama belajar mengakses fitur fitur Rumah Belajar terutama fitur Sumber Belajar. Fitur ini akan sangat membantu peran para guru di SD Negeri Umbulrejo 02 dalam kegiatan belajar mengajar dengan siswa. Dengan memanfaatkan konten video, konten web maupun konten animasi akan dapat memberikan motivasi kepada para siswa untuk belajar mandiri di rumah. Bapak/Ibu guru sangat berantusias dalam belajar cara mengunduh dan membagikan konten video/web kepada para siswa untuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh di kemudian hari.

Mengenalkan fitur terbaru dari Rumah Belajar, Edugame yang menyediakan berbagai jenis game edukasi interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri, ataupun dengan bantuan guru dan orangtua. Permainan yang tersedia telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang telah disajikan. Fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tambahan bagi para peserta didik

Usia tidak menghalangi seseorang untuk terus belajar, karena sejatinya belajar itu sepanjang hayat, begitu juga dengan Bapak Ibu guru di SD Negeri Umbulrejo 02. Beberapa diantara beliau akan memasuki masa pensiun dan masih semangat mengikuti kegiatan sosialisasi ini bersama Rumah Belajar. Sungguh bangga sekali melihat Bapak Ibu guru yang masih semangat mengajar memajukan pendidikan di Indonesia.