Kamis, 17 September 2020

KULIAH UMUM PEMBATIK LEVEL 4 HARI KE EMPAT

       

Wicaksono atau yang lebih dikelan dengan Ndoro Kakung sapaan akrab di media sosial, merupakan blogger profesional Indonesia. Beliau dijuluki sebagai granfather of blog karena karya tulisnya diblog yang populer. Kali ini beliau memberikan paparan materi terkait " Kiat Membangun Media Sosial yang Sukses ". Media sosial yang digunakan oleh kebanyakan orang adalah Youtube, Instagram, Facebook, Whatsapp, Tik Tok, dll. Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan pada Januari 2020 diketahui bahwa lebih dari 60% jumlah penduduk Indonesia, menggunakan akses internet, 59% penduduk memiliki akun media sosial, 98% mengakses internet menggunakan handphone. Rata-rata dalam sehari orang mengakses internet sebanyak 4 jam 46 menit. Orang yang paling banyak mengakses internet berusia 31-34 tahun.

        Platform media sosial yang banyak digunakan dan populer adalah media sosial yang menyajikan gambar dan suara seperti Youtube, whatsapp, Instagram, twitter, Line, Messenger dll. Media sosial inilah yang paling banyak disenangi oleh masyarakat khususnya di kalangan muda-mudi. Pengguna media sosial selain sebagai konsumen (menyukai dan mengomentari) juga sebagai produsennya, dimana setiap unggahan berupa foto,video, tulisan merupakan suatu bentuk produksi yang dilakukan terhadap media sosial. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berpendapat, berkomentar, dan berbagi informasi karena media sosial dibentuk untuk konsumsi publik.

        Untuk membangun media sosial yang sukses menurut Ndoro kakung anatar lain dipengaruhi oleh strategi konten dan  pemasaran. strategi konten meliputi pemilihan platform media sosial manakah yang akan kita pilih, bisa berupa youtube, instagram, twitter atau lainnya. Kemudian perlu juga kita lakukan optimasi bio, artinya mengoptimalkan informasi siapa diri kita agar lebih dikenal publik. Pemilihan produksi menulis, foto, video maupun infografis serta penjadwalan posting juga harus diperhatikan dengan benar. Penyesuaian dengan algoritma dan pemanfaatan tanda pagar (#) akan membantu media sosial kita lebih banyak diketahui publik.

        Untuk strategi pemasaran yang perlu dilakukan adalah membangun personal branding (tingkat kepopuleran di mata publik), mengoptimasi akun media sosial dan website maupun blog, membuat pengiklanan suatu produk, email, dan melakukan kolaborasi/affiliate dengan orang/perusahaan lain untuk meningkatkan pemasaran media sosial kita.

berikut ini adalah 10 tips sukses membangun media sosial menurut Ndoro Kakung antara lain:
1. menetapkan tujuan yang jelas dan masuk akal

2. memiliki target konsumen media sosial, artinya siapa orang yang akan kita mengkonsumsi media sosial, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi konsumen media sosial kita.

3. menjadi diri sendiri itu penting, kita boleh meniru orang lain tetapi kita tidak bisa menjadi orang tersebut. 

4. mencari jejaring lebih penting daripada mencari followers, karena kualitas followers lebih menentukan kesuksesan media sosial kita daripada kuantitas followersnya

5. membuat jadwal editorial

6. fokus membantu orang lain, konten yang kita buat harus dapat memberikan solusi bagi orang yang memiliki masalah, memberikan jawaban dan dapat membantu banyak orang

7. dapat berinteraksi dengan khalayak, bersikap ramah dan sopan terhadap konsumen media sosial perlu kita lakukan

8. berkreasi dengan konten visual, dilakukan agar tidak memberikan kejenuhan kepada para konseumen media sosial.

9. membuat kehadiran agar diketahui umum, bisa dengan mengadakan acar live di media sosial kita

10. selalu aktif di media sosial.