Minggu, 24 Januari 2021

MENGELOLA KELAS DI GOOGLE CLASSROOM

A. MENGELOLA PENILAIAN SISWA DI KELAS 

1.     Klik Kelas >> lalu Setelan

2.     Pada kotak dialog Penilaian:

·   Pada Penghitungan nilai keseluruhan pilih Poin total atau  Bobot nilai berdasarkan kategori

·     Poin total, merupakan rata-rata hasil nilai tugas siswa

·      Bobot nilai berdasarkan kategori.

·    Pada Kategori nilai, tambahkan kategori nilai dan bobot persentase nilai sesuai kebijakan masing-masing guru



B. MEMBUAT PENGUMUMAN DI CLASSROOM

     1. Buka kelas
     2.  Pada halaman awal Forum silahkan ketikkan informasi yang akan          dibagikan kepada siswa.
Pada halaman ini guru dapat melakukan komunikasi dengan seluruh siswa dengan memberikan komentar pada informasi yang dibagikan oleh guru

3.  Guru juga dapat menyisipkan gambar, video, maupun file lainnya dengan memilih menu Tambahan

     ·       Google Drive : gambar/video/dokumen diambil dari drive             yang ada

    ·      Link  : gambar/video/dokumen diambil dengan   memasukkan     link gambar/video/dokumen tersebut dari internet

   ·     File : gambar/video/dokumen diunggah dari PC Komputer anda

   ·       Youtube : jika mengunggah video dari youtube


 

4.  Setelah selesai membuat informasi segera pilih Posting untuk mengunggah pengumuman di forum classroom

C. MEMBUAT MATERI / TUGAS DI CLASSROOM

      1.     Silahkan buka kelas yang akan diberikan materi/tugas

2.     Pilih Tugas Kelas lalu pilih + Buat,  lalu pilih salah satu jenis tugas yang diinginkan


3.  Mengatur tugas yang diberikan


a.     Judul: diisi dengan judul tugas yang diberikan

b. Petunjuk: diisikan deskripsi maupun petunjuk pengerjaan tugas

c.  Tambahan : mengunggah tugas dari Google Drive, link, file maupun youtube

d.  Buat : membuat tugas dalam bentuk dokumen (word), slide (ppt), spreadsheet (excel), gambar (pdf), Formulir.

e.    Untuk : ditujukan kepada kelas dan siswa yang akan diberikan tugas/materi

f.  Kategori nilai : jenis tugas yang diberikan (tugas harian/ ulangan harian/ uts/ uas/ lainnya.

g.  Poin : diisi nilai maksimum yang akan diberikan (jika tugas tidak masuk dalam penilaian bisa diganti dengan pilih Tidak dinilai)

h. Tenggat : batas waktu pengumpulan tugas (jika siswa terlambat mengirimkan tugas maka akan ada keterangan terlambat mengirimkan tugas pada tugas yang diserahkan)

i.    Topik : pilih topik pelajaran untuk setiap tugas yang diberikan, hal ini memudahkan siswa dalam melihat dan mencari tugas dari guru

j.  Pilih Tugaskan/ Jadwalkan/ Simpan draf jika tugas telah selesai dibuat


*Tugaskan: tugas langsung dikirim ke classroom siswa

*Jadwalkan: tugas dijadwalkan untuk hari berikutnya (berlaku hanya untuk 1 kelas)

* Simpan draf: jika tugas belum selesai dibuat



D. MENGUMPULKAN TUGAS DI CLASSROOM ( UNTUK SISWA)

1. Mengumpulkan hasil jawaban berupa foto tugas

a.      Buka Tugas Kelas >> pilih tugas yang diberikan >> lihat tugas di bagian Lampiran >> Kerjakan di buku

b.     Untuk mengumpulkan jawaban pilih Tugas Anda >> + Tambahkan Lampiran >> Ambil Foto >> Serahkan.

2. Mengumpulkan tugas dengan Google Form

a.      Buka Tugas Kelas >> pilih tugas yang diberikan >> lihat tugas di bagian Lampiran

b.     Siswa langsung bisa mengisi tugas di google Formulir dan jika sudah selesai bisa langsung di Submit atau  Serahkan.


E. MENILAI TUGAS DI CLASSROOM

    Jika tugas telah diserahkan oleh siswa, guru dapat langsung menilai tugas tersebut baik dari perangkat komputer maupun android.

Langkah-langkah:

1.  Buka Kelas >> Tugas Kelas >> Tugas yang diberikan >> Lihat tugas

2. Silahkan pilih Diserahkan  untuk melihat tugas siswa yang telah dikumpulkan



3.  Buka tugas siswa untuk koreksi jawaban yang dikirimkan

  *guru dapat memberikan komentar/masukan terhadap tugas lebih mudah dengan classroom di HP android dengan memilih gambar pensil di bagian atas >>lalu  simpan

4.     Beri Nilai pada tugas siswa dan kembalikan.


F. MENGAMBIL NILAI DARI GOOGLE FORM

1.     Buka Kelas >> Tugas Kelas >> Pilih Tugas dengan Google Formulir

2.     Buka Google Formulir >> pilih edit formulir ini dengan tanda  


di pojok kanan bawah

3.     Pilih Respons >> pilih google spreadsheet , maka tampilan yang meuncul yang bentul file excel (spreadsheet)