Minggu, 13 September 2020

PembaTIK Level 4 Jatim

 
Assalamulaikum Sahabat Rumah Belajar🙏

        Tidak terasa sudah sejauh ini perjalan saya di Pembatik 2020, syukur Alhamdulillah tak henti-hentinya saya ucapkan dalam hati. Hal yang luar biasa yang tidak pernah saya impikan benar-benar terjadi, ya pada hari itu diumumkan peserta PembaTIK 2020 level 3 yang lolos maju ke level 4 (Berbagi), dalam hati sudah berkata "ahh,,

pastilah saya tidak akan maju ke tahap berikutnya", bagaimana tidak setelah sebelumnya saya dinyatakan tidak lulus level 3, karena ternyata tautan tugas yang terkirim tidak bisa dibuka oleh Instruktur diklat. Tetapi setelah mencoba mencari tahu alasannya dengan bantuan para instruktur diklat tentunya, akhirnya masih diberikan kesempatan kembali untuk mengirimkan tautan tugas saya. 


        Awal pertama kali mengenal PembaTIK adalah saat melihat iklan yang muncul di internet😅dari situ saya iseng-iseng saja membuka laman PembaTIK dan hanya membuat akun saja. Lama dalam selang waktu tak tentu, saya kembali menerima pesan via whatsapp yang tidak saya kenal pengirimnya, akhirnya saya mulai mencoba mendaftar di PembaTIK level 1 (Literasi). Mengikuti rasa penasaran di hati akhirnya mulai menjalani tahapan Literasi, dan akhirnya dinyatakan lulus. Alhamdulillah🙏lanjut lah ke level berikutnya.......


        Level 2 (Implementasi).

        Sempat ragu untuk maju ke tahap ini, karena dua orang rekan tidak melanjutkan dan dengar info dari rekan lainnya bahwa di level 2 ini tugasnya bikin vlog yang susah😱😱😱auto menciut nyali saya saat itu. Tetapi berbekal rasa penasaran lagi, saya beranikan untuk membuat konten video testimoni pembelajaran selama pandemi saat itu. yah berbekal informasi dari mbah Google dan Youtube pelan-pelan mulai membuat vlog😅. Gapapa deh ga sesempurna kayak para DRB, namanya juga masih belajar dari nol. ini nih vlog yang waktu itu saya buat dari nol pengetahuan saya:

https://www.youtube.com/watch?v=_lWVDQxI-h0&t=17s

Alhamdulillah lagi dinyatakan Lulus di level ini🙏, ilmu yang saya dapat di level ini adalah bagaimana membuat dan mengedit video vlog. dan tanpa berpikir lama, lanjut ke level 3(Kreasi)....

        Level 3 (kreasi)
di level ini rasa penasaran saya semakin kuat, dan setelah melihat contoh tugas saya merasa menemukan jati diri saya sebagai guru disini. Entah dari mana rasa itu muncul😂, yang jelas saya harus bisa membuat konten video pembelajaran dan media pembelajaran interaktif bagi siswa siswa saya. saya sangat begitu bersemangat dalam membuat keduanya, padahal tugasnya disuruh milih salah satu😂. Level kreasi ini sangat berarti bagi saya secara pribadi, karena setelah menyelesaikan tugas ini saya diminta memberikan materi terkait media pembelajaran selama pandemi pada kegiatan In House Training (IHT) di tempat saya mengajar. Begitu bahagianya saya telah bergabung dengan PembaTIK 2020 dan dapat berbagi dengan para guru di sekolah.😊😊😊😊

        Alhamdulillah, Alhamdulillah, dan Alhamdulillah....
Bersyukur dipertemukan dengan Pembatik 2020 ini. Semoga di Level 4 (Berbagi) saya dapat menimba ilmu yang lebih dari para Duta Rumah Belajar dan Sahabat Rumah Belajar serta menularkannya kembali secara luas lagi.

       "Berbagi tidak semata-mata masalah materi, ketika kita berbagi dan orang lain merasakan manfaatnya, itu jauh lebih dari sekedar kata bahagia (Luar Biasa Bahagia)."